Mengintip Keindahan Situs Wisata Warungboto

Kota Yogyakarta memang terkenal sebagai kota wisata. Yang paling identik dari wisata kota Yogyakarta adalah situs cagar budaya yang sangat banyak dan berusia puluhan bahkan ratus tahun lamanya. Salah satu situs cagar budaya di Kota Yogyakarta yang sangat elok adalah bangunan cagar budaya Situs Warungboto.

Situs Warungboto dikenal juga dengan nama Pasanggarahan Rajawinangun, adalah sebuah bangunan kuno yang terletak di jalan Veteran No.77, Kelurahan Warungboto, Kecamaran Ulmbulharjo, Kota Yogyakarta.

Mulanya, Situs Warungboto merupakan sebuah lokasi pemandian yang dibagun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubowono I yang pembangunannya kemudian diteruskan pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubowono II. Pada bangun ini terdapat sebuah imbul atau sumber mata air.

Pesanggarahan Rajawinangun mulai dibangun sekitar tahun 1785, 30 tahun setelah ditandatanganinya perjainjian Giyati. Tujuan dari pembangunan pasanggrahan ini adalah untuk mendukung keberlangsungan eksistensi kekuasaan kerajaannya. Selain itu pembangunan pesanggarahan juga tidak terlepas dari aspek pertahanan karena letaknya secara tidak langsung memeberikan perlindungan kepada Keraton.

Selain pembangunan Pasanggarahan Rajawiangun, Sri Sultan Hamengkubowono I juga mendirikan komplek Pasanggarahan Ambarketawang, Pasanggarahan Taman Sari, dan Pasanggarahan Krapyak sebagai arena berburu bagi raja.

Dalam kompleks pasanggarahan Rajawinangunterdapat sumber air, yang kemudian juga dibuat sebagai tempat pemandian bagi Raja dan keluarganya. Selain itu juga digunakan sebagai tempat peristirahatan.

Hingga tahun 1935, kolam pemandian Pasanggarahan Rajawinganung masih ramai digunakan oleh masyarakat yang tinggal disekitar pasanggarahan, tetapi pasca kemerdekaan Republik Indonesia, situs ini terlupakan begitu saja. Padaha fungsi dan pemandangannya tidak kalah dari situs Taman Sari.

Karena cukup lama tidak terawat, pasanggarahan ini mengalami kerusakan pada beberapa bagiannya. Baru setelah renovasi yang dilakukan oleh Balai Pelestarian Cagar Budaya Daerah Istimewa Yogyakarta (BPCB DIY) yang selesai pada 23 Desember 2016, bangunan Situs Warungboto kini dapat dinikmati oleh masyarakat Yogyakarta ataupun wusatawan yang berkunjung ke Yogyakarta

Situs Warungboto juga populer dikalangan wisatawan muda, semenjak foto Pre Wedding pernikahan puteri Presiden Jokowidodo, Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution. Semenjak itu situs warungboto gemar dikunjungi wisatawan muda untuk berfoto lalu diunggah di kanal sosial media mereka.