Edukasi Protokol Kesehatan bagi Pelaku Usaha di wilayah Kelurahan Warungboto

Dalam rangka upaya pencegahan penularan virus covid-19 kecamatan Umbulharjo di dampingi LPMK, babinsa, bhabinkamtibmas beserta aparat Kelurahan Warungboto Rabu, 16 September 2020 memberikan edukasi penerapan protokol kesehatan kepada pelaku usaha di wilayah Kelurahan Warungboto. Sasaran tempat usaha meliputi tempat usaha kuliner, warung- warung kelontong, fotokopi  dan lain-lain yang ada disepanjang jalan di wilayah Kelurahan Warungboto. Selain memberikan edukasi kepada pelaku usaha, juga dilakukan pembagian masker bagi warga maupun pelaku usaha yang ditemui tidak memakai masker.

Dalam kesempatan tersebut lurah warungboto Muhammad Agus Supratikno menganjurkan kepada pelaku usaha untuk menerapkan protokol kesehatan yang ketat, terutama kepada pelaku usaha kuliner dan juga para konsumennya  guna menghindari cluster baru di wilayah umbulharjo khususnya kelurahan Warungboto. Karena sebagian besar tempat usaha kuliner banyak dikunjungi konsumen yang makan ditempat  maupun sekedar nongkrong-nongkrong. Hal ini perlu di waspadai dengan memberikan himbauan agar selalu menerapkan physical distancing dan juga himbauan agar tidak berlama-lama berkerumun.

Selama pelaksanaan edukasi tersebut masih ada beberapa ditemukan tempat –tempat usaha  yang belum menyediakan tempat cuci tangan maupun tempat duduk berjarak. Hal ini perlu adanya  monitoring secara berkala dan juga menjadi bahan evaluasi agar kedepannya semua pelaku usaha bisa tertib menerapkan protokol kesehatan pencegahan covid-19.

Kontributor: Jumari