PENEGAKAN PPKM  DARURAT DAN PENGETATAN MOBILITAS DI KELURAHAN WARUNGBOTO

Warungboto Umbulharjo_  Melalui Instruksi Walikota Yogyakarta no 14 tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Coovid-19 di wilayah Kota Yogyakarta, yang menindaklanjuti Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 15 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Corona Virus Disease 2019 Di Wilayah Jawa dan Bali, dan Instruksi Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Nomor 17/INSTR/2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat Di Daerah Istimewa Yogyakarta Untuk Pengendalian Penyebaran Corona Virus Disease 2019 (COVID-19), ditegaskan bahwa PPKM Darurat yang diterapkan inti utamanya untuk menurunkan aktivitas dan membatasi mobilitas masyarakat. Menurut hasil pantauan Tim satgas Covid-19 Kota Yogyakarta, sebelum adanya PPKM Darurat, penurunan mobilitas masyarakat hanya 20%. Ditargetkan dengan adanya PPKM Darurat menurun hingga 80%.

Di Kelurahan Warungboto, kegiatan PPKM tidak hanya dilakukan pengawasan terhadap pengusaha / pelaku UMKM saja, namun juga menyasar ke warga masyarakat. Ini dirasa sangat efektif untuk menekan mobilitas masyarakat seperti di warung sayur, tempat ibadah, bahkan dihalaman rumah yang hanya sekedar ngobrol antar tetangga tanpa memakai maker.

Selain itu kegiatan dalam rangka pelaksanaan PPKM Darurat, Kelurahan warungboto berinisiatif membantu warganya yang kesulitan dalam menjalani isoman di rumah. Yaitu dengan mendirikn Shelter Mandiri yang dikelola masyarakat yang bersinergi dengan Kelurahan Warungboto, Puskesmas Umbulharjo I, Babinsa, Bhabinkamtibmas, KTB, serta Linmas. Yang beralamat di Jl. Prof.Dr Soepomo di rumah alm. Daliso Rudianto, SH mantan notaris terkenal di Yogyakarta. Disana tersedia 2 ruangan untuk putra dan putri yang bisa menampung 17 bed dengan lokasi lumayan luas dan tidak berdekatan dengan penduduk sekitar.

Dalam kunjungan kemarin, Selasa 13 Juli 2021Agus Supratikno selaku lurah warungboto berharap dengan adanya Shelter Mandiri ini dapat meringankan masyarakat di Kelurahan Warungboto yang sedang menjalani isoman namun terkendala dengan keadaan lingkungan rumah yang kurang memadai.

#ppkmdarurat #jogjabakohcovid19 #indonesiabangkit #pemkotjogja #bersatulawancovid19