Shelter Mandiri Warungboto Tangguh lakukan vaksinasi warga

Untuk memperkuat dan meningkatkan imunitas warga Warungboto, shelter Mandiri “Warungboto Tangguh” membentuk Sentra Vaksinasi Warungboto. Program vaksinasi ini dilaksanakan Minggu (19/9/2021) pukul 08.00-12.00 WIB di lokasi shelter Mandiri Warungboto Jalan Prof Dr Soepomo Nomor 121, RT 32 RW 08, Kelurahan Warungboto Kecamatan UmbulharjoKota Yogyakarta.

Selter ini berdiri pada 26 Juni 2021 yang diketuai Ir. Sugiarta, Arief Tri Martono sebagai sekretaris, M Yunul BM sebagai bendahara, dan dr Tri Widjaja sebagai penanggung jawab medis. Sejak 10 Juli 2021, Selter Mandiri “Warungboto Tangguh” telah mulai beroperasi untuk tempat isolasi penderita Covid-19 yang bergejala ringan dan tanpa gejala. Tak hanya warga setempat, pasien Covid-19 dari luar Kelurahan Warungboto pun bisa menggunakan shelter tersebut.

Sampai 21 Agustus 2021, selter ini telah menerima 31 penyintas: 20 perempuan dan 11 laki-laki. Sebanyak 26 di antaranya merupakan warga Warungboto, dan 5 orang lainnya warga luar Warungboto. Kini seluruh penyintas telah keluar dari shelter, dengan status selesai untuk 25 orang, atas permintaan sendiri dari 5 orang, dan rujuk untuk 1 orang.

Terdapat sekitar 500 orang dari warga Warungboto mendapatkan vaksin coronavac produksi Sinovac, yang disalurkan Pemerintah RI melalui Komando Resor Militer (KOREM) 072 Pamungkas Yogyakarta. Warga calon penerima vaksin telah dikoordinir para ketua RT di Kelurahan Warungboto.

Tenaga vaksinator maupun kepanitiaan lainnya berasal dari para dokter, perawat, bidan, maupun relawan yang berdomisili di Warungboto dan tambahan dari luar Warungboto. Selter warungboto Tangguh menjalankan rencana program vaksinasi ini secara swadaya dan tidak memungut biaya apapun dari calon akseptor vaksin.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Wawali Kota Yogyakarta, Mantri Pamong Praja dan juga Lurah Warungboto. Heroe Poerwadi sangat mengapresiasi kegiatan ini dan selalu mengajak kepada seluruh warga khususnya di wilayah Kota Yogyakarta yang belum vaksinasi agar mendaftar vaksinasi melalui aplikasi JSS yang telah disediakan Pemerintah Kota Yogyakarta.

Lurah warungboto juga berharap dengan adanya kegiatan yaksinasi ini mampu mengurangi resiko angka terpaparmya covid-19 khususnya di wilayah Kelurahan Warungboto dan juga ikut mensukseskan program percepatan vaksinasi Pemerintah Kota Yogyakarta.