Kelurahan Warungboto Juara Pertama Kampung Wisata Yogya Diusulkan Maju ADWI 2023

Warungboto (12/6) Berdasarkan Peraturan Walikota Yogyakarta Nomor 115 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kampung Wisata bahwa dalam rangka mendukung kegiatan kepariwisataan yang berbasis potensi wilayah baik daya tarik alam, kehidupan sosial masyarakat, seni budaya dan tradisi, kerajinan dan kuliner, maka perlu adanya program dan kegiatan pada Kampung Wisata di wilayah Kota Yogyakarta dengan kegiatan pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan Kampung Wisata yang memiliki nilai strategis dan efek ekonomi yang sangat luas. 

Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko mengatakan melalui anggaran perubahan 2022 Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta melakukan pendampingan dan penilaian kampung wisata. Kegiatan itu dalam rangka persiapan menuju ADWI 2023 program dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Lima kampung wisata dengan nilai terbaik di tingkat Kota Yogyakarta program pendampingan menuju ADWI yaitu peringkat pertama Warungboto, kedua Cokrodiningratan, ketiga Preggan, keempat Tahunan dan kelima Purbayan. 

Situs Warungboto merupakan destinasi wisata yang di unggulkan di Wilayah Kelurahan Warungboto. Selain untuk pengambilan Foto Pre Wedding juga di gunakan untuk pertunjukan seni maupun even lainnya.